Minggu, 05 Januari 2014

Visibility of System Status - pusatjamtangan.com (Bag.3)


Visibility of system status


“The system should always keep users informed about what is going on, through appropriate feedback within reasonable time.”


Dalam tahap analisis prinsip desain interaksi pada bagian ini, sistem diharuskan memberitahukan apa yang sedang terjadi kepada pengguna jangan sampai pengguna dibuat bingung dengan suatu hal yang tidak pasti atau tidak jelas.
Situs ini sebagian besar sudah memberikan kondisi tersebut, namun ada saja hal yang terlupakan dan dipertanyakan. Contohnya saja kondisi saat pengguna memberikan komentar terhadap suatu jam tangan tertentu dan ditanggapi oleh admin tetapi antara komentar pengguna dan jawaban admin tidak ada bedanya dalam hal desain interaksi. Keadaan ini pasti membingungkan pengguna yang lain, “ini komentar atau tanggapan?” sebelum diamati lebih lanjut lagi. 
Dalam komentarnya hanya terdapat judul Comment #2216, area/bingkai yang tidak ada fotonya, dan isi komentar, begitu pula dengan tanggapannya. Secara sekilas ini terlihat sebagai barisan komentar para pengguna padahal bagian bawahnya merupakan tanggapan dari admin. Nah, disinilah letak kesalahan yang terjadi dalam prinsip visibilitas status sistem. Pengguna tidak mengetahui keberadaan komentar dan tanggapan. Berikut merupakan gambar komentar dan tanggapan pada web tersebut.


 

          Contoh lain yang terjadi bagi pengguna dalam memahami sedang dimana ia berada adalah pada saat memilih katagori shop by gender dan membuka tab baru untuk katagori men’s watch yang sub katagori dari shop by gender. Yang terjadi adalah kedua halaman tersebut sama saja isinya yang berbeda pada jejak linknya saja. Jika pengguna tidak memperhatikan jejak link tersebut ia menganggap itu adalah halaman yang sama, padahal berbeda. Nah disinilah kesalahan sistem dalam memberikan informasi keberadaan pengguna. Setelah diselidiki ternyata semua jam tangan tersebut untuk laki-laki tidak ada untuk perempuan.




            Berdasarkan kesalahan dalam visibilitas status sistem saya memberikan penilaian kesalahan sebesar 3 yang sebaiknya diperbaiki dan memiliki prioritas tinggi. Sehingga dengan perbaikan ini pengguna lebih memahami apa yang sedang terjadi, sedang berada dimana dan hal yang berkaitan dengan visibilitas status sistem.
          Rekomendasi yang saya berikan adalah sebaiknya komentar dan tanggapan yang diberikan pengguna dan admin lebih dibedakan lagi misal dari warna, judul, atau bentuk tanggapan sedikit menjorok kedalam agar mudah memahaminya. Sedangkan untuk kategori sebaiknya tidak diberikan link apalagi link yang diberikan tidak benar/tidak sesuai judulnya seperti pada katagori shop by price yang juga tidak jelas. Link yang mungkin diakses langsung letakkan pada sub kategori agar tidak terjadi salah paham bagi pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar