Minggu, 05 Januari 2014

Error Prevention - pusatjamtangan.com (Bag.5-habis)

Error prevention

“Even better than good error messages is a careful design which prevents a problem from occurring in the first place. Either eliminate error-prone conditions or check for them and present users with a confirmation option before they commit to the action.”

Mencegah kesalahan sangatlah penting bagi sebuah website e-commerce dalam proses bisnisnya. Website tersebut mungkin tidak hanya dikunjungi untuk pengguna yang ingin membeli barang saja bisa jadi pengguna yang ingin mencari tahu atau iseng-iseng juga tidak menutup kemungkinan mereka mengunjunginya. Oleh sebab itu, diperlukan desain interaksi yang bagus agar tidak terjadi kesalahan bagi para pengguna.
          Setelah melihat situs ini saya menemukan salah satu kesalahan yang seharusnya tidak terjadi, yaitu menyediakan menu Beli Sekarang pada produk yang masuk dalam katagori Sold-Out. Hal ini terjadi ketika saya memeriksa barang masa saja yang sudah terjual habis. Memang barang tersebut tidak ada lagi pada Store, namun ketika memilih jam yang sudah masuk katagori Sold-Out desain interaksi tersebut mengatakan dapat dibeli sekarang kemudian muncul form pemesanan jika mengkliknya. Nah ini merupakan penyampaian pesan kesalahan yang tidak bagus. 


        Rekomendasi yang saya berikan untuk kasus seperti ini adalah menghilangkan katagori Sold-Out tersebut dan menggantinya dengan gambar jam tangan yang sudah diberi tanda sold-out saja dari pada membuat menu yang salah sehingga pengguna salah pengertian akibat desain interaksi yang salah atau tidak bagus. Untuk prinsip ini saya memberikan rating penilaian sebesar 4 yang benar-benar harus diperbaiki sehingga tidak terjadi kesalahpahaman pada pengguna.

  Demikianlah hasil analisis prinsip desain interaksi yang saya lakukan dalam memenuhi Ujian Akhir Semester mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Apa yang saya sampaikan disini semuanya sesuai dengan penilaian subjektif yang saya lakukan terhadap suatu situs e-commerce dengan alamat pusatjamtangan.com yang berdasarkan Heuristic Evaluation – Nielsen (1995a) dan penilaian Severity Ratings (Nielsen, 1995b). 

Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan. Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar