Minggu, 05 Januari 2014

Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors - pusatjamtangan.com (Bag.2)



Help users recognize, diagnose, and recover from errors

“Error messages should be expressed in plain language (no codes), precisely indicate the problem, and constructively suggest a solution.”

Dalam evaluasi Help users recognize, diagnose, and recover from errors ini tampak jelas ketika saya mencoba mencari produk dari jam tangan bermerk Monaco 69 pada kotak pencarian di sebelah kanan atas. Telah kita ketahui sebelumnya bahwa web ini hanya menjual dua buah jam bermerk Alexandre Christie dan Swiss Army. Namun, ketika saya iseng mencari jam dengan kode tertentu tidak ada hasil yang menandakan bahwa hasil pencarian itu ditemukan atau tidak. Biasanya ketika hasil pencarian ditemukan akan muncul apa yang kita cari walaupun ada beberapa yang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Nah, dalam sistem pencarian ini pengguna tidak ditunjukkan pemberitahuan apapapun dalam bagian utama halaman. Setelah diselidiki ternyata web ini memberitahukan bahwa pencarian tidak ditemukan pada judul tabnya seperti pada gambar dibawah ini.


Sangat menyayangkan sekali ketika pengguna ingin mencari jam yang diinginkan melalui kotak pencarian, mereka diberikan halaman lebar, hitam, yang kosong tanpa pemberitahuan apapun. Hal ini menjadi kekurangan dalam membantu pengguna untuk mengenali, mendiagnosa dan menyadari pada prinsip desain interaksi sistem. Pengguna seakan bertanya-tanya “ini ada gak ya?, apa belum selesai di cari?” dan sebagainya.
Kemudian saya mencari pada hamaman yang berbeda dengan kata kunci “mentari”. Saya tahu pasti tidak ada hanya ingin melihat apakah hasilnya sama. Ternyata yang muncul adalah Mentari dan link kalaman tempat saja mencari. Nah, dari sini saya berpikir bahwa pencarian tersebut berdasarkan dimana hamalan yang kita cari. Dan hasilnya tidak ada satupun pemberitahuan kalau pencarian tidak ditemukan hanya halaman yang kosong.


Selain mendiagnosis kesalahan dalam sistem pencarian saya juga melakukan percobaan kesalahan pengisian form. Pada pengisian form terdapat pemberitahuan ketika belum mengisi bagian yang seharusnya diisi sehingga kesalahan dalam pengisian form dapat diminimalisir. 

  
Dari skala 0 sampai 4, rating penilaian pada prinsip desain interaksi ini adalah 3 yaitu masalah kegunaan utama yang penting untuk diperbaiki sehingga harus diberikan prioritas tinggi. Karena dalam mengakses suatu website ada dua hal yang akan dilakukan yaitu searching dan browsing. Ketika pengguna ingin langsung mencari tujuan mereka maka yang dilakukan pertama kali adalah mencari pada kotak pencarian yang tersedia. Berbeda halnya dengan browsing yang mencari tau isi web secara mendalam dengan menyampingkan tujuan awal pengguna.
Rekomendasi yang dapat saya berikan yaitu sebaiknya situs ini diperbaiki dalam hal sistem pencarian sehingga dapat membantu pengguna dalam mengaksesnya. Selain itu, ketika pengguna tidak dapat menemukan apa yang ia cari, berikan pemberitahuan yang semestinya seperti : pencarian “Swiss Army 124 hitam” tidak ditemukan dan sebagainya pada bagian utama halaman bukan pada judul tab atau halaman yang kosong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar